Laman

Pages - Menu

Sabtu, 25 Oktober 2014

Dasar Teori "Sistem Monitoring Micro Scada"



Dasar Teori
SISTEM MONITORING MICRO SCADA

1.     Sistem SCADA
Fasilitas SCADA diperlukan untuk melaksanakan pengusahaan tenaga listrik terutama pengendalian operasi secara realtime. Suatu sistem SCADA terdiri dari sejumlah RTU (Remote Terminal Unit), sebuah Master Station / RCC (Region Control Center), dan jaringan telekomunikasi data antara RTU dan Master Station. RTU dipasang di setiap Gardu Induk atau Pusat Pembangkit yang hendak dipantau. RTU ini bertugas untuk mengetahui setiap kondisi peralatan tegangan tinggi melalui pengumpulan besaran-besaran listrik, status peralatan, dan sinyal alarm yang kemudian diteruskan ke RCC melalui jaringan telekomunikasi data. RTU juga dapat menerima dan melaksanakan perintah untuk merubah status peralatan tegangan tinggi melalui sinyal-sinyal perintah yang dikirim dari RCC.

Dasar Teori "Koordinasi Proteksi Sistem Tenaga"


Dasar Teori
Koordinasi Proteksi Sistem Tenaga Listrik

Dalam setiap sistem tenaga listrik selalu digunakan sistem proteksi atau pengaman untuk mengantisipasi apabila terjadi gangguan. Sistem proteksi dan pengaman ini diperlukan untuk memisahkan bagian yang mengalami gangguan dengan yang tidak mengalami gangguan sehingga sistem dapat menjalankan operasinya.
Sebelum  membahas mengenai koordinasi proteksi sistem tenaga listrik terlebih dahulu harus mengerti  mengenai dasar proteksi.
Pengertian Dasar Proteksi

1.     Fungsi Proteksi
Fungsi proteksi adalah memisahkan bagian sistem yang terganggu sehingga bagian sistem lain dapat terus beroperasi dengan cara sebagai berikut:

Soto Bok Ijo Kediri

       Soto Bok Ijo Kediri, pasti seiap orang yang berwisata ke kota kediri pasti tau tempat ini. Karena terletak di samping terminal baru Tamanan Kediri. Harga dari soto disini termasuk yang paling murah daripada tempat lain. Dulu ketika SMA dan ada waktu istirahat yang lama maka pasti kami sempatkan ke tempat ini. Lumayan bro waktu itu 1porsi Rp 3000 rupiah (saat itu harga soto lain 6000 rupiah, BENERAN).
       

Jumat, 24 Oktober 2014

5 Prodi Teknik Elektro ITS

Teknik Sistem Tenaga
Pada prodi ini lebih ke arah arus kuat. Seperti bagaimana listrik dari pembangkit ke saluran transmisi kemudian bagaimana sampai pada konsumen atau pelanggan. Bagaimana agar sistem itu efisien dan bagaimana agar sistem tersebut aman.

Kami Warga E-51

Habis guyur2an pakek aer COMBERAN ini,, tapi ya inilah mereka... anak teknik bro

Perjuangan di Kampus Perjuangan

Kuliah di Jurusan elektro ITS, dan itu adalah gambaran mahasiswa kami :D cewek semua kan????

Rumahku di Surabaya

     
         Kejawan Putih Tambak Gang VII-C nomor 23 adalah rumah kami ketika merantau di ibukota. Memang tidak terlalu besar. hanya berukuran kurang lebih 6 x 10 meter lah (perkiraan ngawur).. Intinya hanya terdapat 2 kamar tidur yang lumayan lah.. Kami menempati rumah tersebut dengan 6 orang karena menurut kami hemat lah (maklum lah, dari golongan melarat). heehhhe
Harga untuk 6 orang itu semakin tahun semakin naik,

Merantau Surabaya

           Merantau ke ibukota provinsi adalah satu hal baru yang aku lakukan pada awal tahun 2011. Biasanya aku bermain ke kota ini hanya untuk mampir dan hanya beberapa jam saja. Tapi kali ini berbagai baju dan perbekalan semua yang aku butuhkan untuk hidup. heehhe

Tempat aku ditempa dan belajar tentang kekeluargaan

          CAMPS (Cipta Ahli Muda Pramuka Smada) salah satu acara pelatihan dari pramuka smada yang menempa hidup dan cara bertahan hidup tanpa merugikan orang lain. Belajar tentang arti keluarga dan cara menghargai keluarga itu sendiri

SMA terbaik kota kediri

Ini adalah salah satu gedung bersejarah di SMA 2 Kediri. Kalau boleh cerita sih katanya dulu sempet ada siswa Smada yang pernah bunuh diri di gedung ini. Gedung Induk Smada ini juga sering dijadikan jerit malam berbagai acara Pramuka, OSIS, dan Organisasi lain..

Melanjutkan ke Jenjang Menengah Pertama

Pada saat sekolah menengah pertama ini aku mulai mengenal siapa diriku dan mulai belajar tentang arti perjuangan hidup. Pada tahap ini aku belajar hidup mandiri, belajar tentang cari uang dan juga

Seragam Merah Putih

SDN Mojoroto II, salah satu sekolah dasar terbaik di kotaku,, heehhe